Cerita Melahirkan

Saat itu hari Jumat. Hari itu adalah jadwal kontrol kehamilan yang terakhir karena usia kandungan sudah habis 40 minggu. Gue deg-degan ketemu dokter, takut lebih tepatnya. Bayang bayang akan dioperasi, diinduksi buatan, anak ga bisa lahir, dan sebagainya mulai melintas di kepala. 

Setelah USG, dokter menjadwalkan untuk induksi buatan pada selasa depannya jika seninnya anak bayi ini tak juga kunjung ada tanda lahir. OMG, ini adalah kehamilan pertama gue dan ujungnya begini, (saat itu terasa sangat) menakutkan. Gue mulai resah.

Sudah rutin jalan pagi, sudah yoga, sudah doa, rasanya ga ada persiapan yang terlewat. Tapi kok ya anak ini ga munculin tanda lahir. Perasaan kaya gini wajar sih ya, namanya juga baru mau jadi ibu. Baru mau coba yang namanya melahirkan. 

Saat hamil, gue memang merencanakan persalinan normal. Dengan kondisi pekerjaan di kantor yang ga habis habis kalo ga ditinggal, akhirnya, untuk menyiapkan diri melahirkan normal, gue mengambil cuti lebih awal. Sebulan sebelum HPL.

Saat usia kandungan 33 menuju 34 minggu, posisi anak gue masih melintang di perut. Saat itu kegelisahan mulai melanda. Takut dioperasi. Akhirnya tiap hari gue nungging-nungging, saat sholat sujudnya dilamain, olahraga, segalanya deh agar posisi bayi mendukung untuk dilahirkan normal. 

Syukurnya, seminggu kemudian akhirnya posisi kepala bayi sudah sejalan dengan posisi lahir. Anak pinter :)) 

Kenapa sih kekeuh banget mau lahiran normal? Ga kenapa kenapa. Haha. Emang ga takut? Takut-lah. Ya kali ga takut. Lha trus kalo takut emang ada pilihan lain buat ga usah ngelahirin anak ini? Engga kan? 

Mau normal, mau operasi, semuanya menakutkan. Hal yang membuat gue ingin lahiran normal ya itu, karena melahirkan normal-lah yang prosesnya paling alami. Gue yakin pada yang alami-alami gitu dan gue berharap bisa lahiran normal.

Dokter ngingetin gue agar mencoba induksi alami sebelum jadwal induksi buatan tiba. Silahkan buibu di cek langsung induksi alami ada apa aja, gue ga infoin disini yaa. Yang pasti, gue mencoba hampir semua pilihan induksi alami itu. Setidaknya, kalaupun nanti gue harus diinduksi buatan, gue ga nyesel karna udah usahain yang alami. Begitu. 

Dari jumat ke sabtu, sabtu ke minggu, ga ada tuh tanda lahir yang ditunggu-tunggu. Gue udah setengah pasrah. Yaudahlah, apapun yang ditakdirkan Tuhan, itu yang terbaik. Apapun yang disarankan dokter, jangan bandel. 

Eh tapi tapi, minggu malam ke senin shubuh gue mulai merasa agak aneh di perut. Melilit, sakit. Minggu tengah malam ke senin shubuh gue usahain bisa tidur. Sampe di mesjid mulai pada ngaji-ngaji tuh, gue akhirnya siap siap mau sholat. Pipis dulu kan. Ternyata ada flek darah. Gue ga langsung bangunin suami, recheck dulu sekali lagi setelah beberapa menit apa masih ada darahnya, dan bener masih ada. 

Akhirnya gue bangunin suami ngasih tau keadaannya. Gue langsung whatsapp dokter kandungan untuk meminta saran. Mungkin karna masih pagi, dokternya slow respon. Akhirnya kami memutuskan untuk langsung ke rumah sakit. 

Setiba di rumah sakit, dilakukan pemeriksaan jantung bayi pake alat yang bunyinya “kecek kecek”. Susternya lumayan jutek sambil bilang “mana kontraksinya bu? Ga ada. Harusnya di rumah aja dulu, ini belom pembukaan deh kayanya”

Ebuset, mulut susternya sadis amat. Mana lah ogut paham ada pembukaan apa engga, yang penting itu kan ada darahnya. Digituin gue diem aja, disuruh pulang lagi juga ga apa apa. Sedih sih, udah ngarep bisa lahiran hari itu, yang berarti besok gausah diinduksi buatan. 

Ga lama, susternya dapat instruksi dari dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan dalam. Pemeriksaan dalam itu rasanya menyakitkan, kepada ibu ibu diharapkan pasrah saja karna kita ga punya jalan lain selain pasrah. Tidak usah menangis, karena air mata tiadalah berguna. Haha. 

Hasil pemeriksaan dalam dinyatakan bahwa ogut sudah pembukaan 2 dan harus dirawat. Hore, ga pulang lagi ke rumah. Hore, sebentar lagi ketemu anak bayi. 

Pembukaan 2 itu masih bisa banget ketawa ketawa, makan enak, tidur enak. 6 jam setelah pemeriksaan dalam yang pertama, akan dilakukan pemeriksaan dalam kedua. Hasilnya, gue baru ada di pembukaan 3. Pembukaan 3 pun ga ada rasanya, ya biasa aja gitu. Sambil nunggu pembukaan gue latihan nafas dan banyak jalan keliling-keliling rumah sakit eh keliling ruang perawatan bersalin maksudnya. 

Pemeriksaan dalam ketiga dilaksanakan 6 jam berikutnya dan gue sudah pembukaan 5. Hm, itu sudah pukul 18.30 yaa. Pembukaan 5 rasanya sudah lumayan ya buibu daripada lumanyun. Pembukaan 5 tuh masih ada jeda antar kontraksi per sekian menit gitu. Kalau kontraksi lagi ga datang, ya kita bisa ketawa lagi. 

Karna sudah pembukaan 5, gue akhirnya dipindahkan dari ruang perawatan ke ruang bersalin. Di ruang bersalin gue ditemenin suami. Setelah masuk ke ruang bersalin kontraksi datang lebih sering, hingga kusudahtidakbisa tertawa lagi. Wkwk. 

Ga tau udah pembukaan berapa, ada tuh yang gue minta AC ruangannya dinaikin karna gue menggigil. Ada tuh yang gue takbir kenceeng banget (untung gue ga adzan ya) karena nahan sakit. Kasihan suami, gue peluk dia sampe kenceng banget (semoga dia ga sulit bernafas saat itu) karna nahan sakit. Sakitnya kaya apa sih? Kaya lo lagi mau ee, awalnya ee-nya keras ga mau keluar, lama-lama ee-nya kaya udah bisa keluar tapi lo ga dibolehin ngeluarin ee-nya. Wkwk. 

Klimaksnya, gue kaya pipis (kayanya itu namanya ketuban pecah). Suami mencet bel biar suster datang. Ga lama susternya datang, dokter juga. Dan gue sudah waktunya melahirkan karna bukaannya sudah 10. Nah, kondisinya malah jadi enak tuh setelah ketuban pecah. Tinggal nunggu kontraksi datang, atur nafas, ngeden. Gitu terus sampe nih anak keluar. 

Ada-lah 4 kali ngeden, anak gue lahir :”) Setelah anak lahir, kita ga boleh ngeden lagi ya buibu. Soalnya gue waktu itu ngeden mulu, ga sadar anaknya udah keluar 🙈 sampe dokternya bilang “mba suci, big boss sudah lahir, jangan ngeden lagi. Yuk nafas kaya gini -huh-hah-huh-hah”. Gue ikutin deh. 

Soo happy dan soo sad datang bersamaan. Happy karna anak udah lahir, sedih karena dia lahir sangat putih ga kaya gue dan ga kaya laki gue 😂

Setelah melahirkan, gue masih kontraksi. Buat ngeluarin semua yang ada di rahim yang harus dikeluarkan. Setelah keluar semua daging dagingan itu, dilakukanlah penjahitan oleh dokter. Saat dijahit, gue udah selow aja.

Pura pura ga terasa apa apa, padahal ya lumayan juga kalo dipikir-pikir. Tapi dokter anak sudah membuat gue sibuk dengan IMD (inisiasi menyusui dini). Anak gue bisa langsung mimik di payudara kiri sesaat setelah lahir :”) ASI-nya langsung ada, alhamdulillah. Ketimbang mikirin dijahit kan mending liatin anak mimik ya kan?

Setelah IMD anaknya di cek fisik dan lain lain oleh dokter anak. Diambil cap kaki anak dan cap jempol ibu juga. Trus gue dibersihin sama suster dan dibawa ke kamar buat istirahat. Anak bayinya disimpan di ruang bayi untuk pemantauan kesehatan hingga berapa jam gitu, gue lupa lagi. Besok paginya baru deh bayinya bisa bareng kita terus. 

Melahirkan itu sakit, tapi kalau udah hamil ya mau ga mau kita harus melahirkan. Ga bisa bilang “buset gue takut”, harus dihadapi. 

Jangan pikirin melahirkannya, pikirin aja kita akan segera bertemu si buah hati yang selama ini ada di perut. Pikirin aja, habis lahiran bisa bobo telungkup lagi, enak kaaaan???

Sekian~












Tidak ada komentar: